Kriteria Cawapres Versi SBY

Kriteria Cawapres Versi SBY

Bogor, Singgalang
Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) calon presiden 2009-2014 Partai Demokrat menyebut lima kriteria calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya pada pilres 8 Juli mendatang.
Dalam silaturahmi dengan wartawan di kediamannya di Puri Cikeas Indah, Bogor, Minggu (19/4), SBY yang Ketua Dewan Penasihat Partai Demokrat mengatakan, lima kriteria itu dikumpulkan dari masukan berbagai pihak, termasuk pesan pendek dari masyarakat yang ia terima secara langsung.
Antara melaporkan, lima kriteria cawapres yang disebut SBY pertama, harus memiliki integritas kepribadian yang baik, yang ditandai oleh kekuatan moral, termasuk moral berpolitik. Kedua, kapabilitas sebagai kriteria nomor dua.
Ketika menjelaskan kriteria itu, SBY menekankan peran wakil presiden sebagai seorang pembantu presiden sesuai UUD 1945.
“Dalam UUD pasal 4 jelas sekali presiden memegang jabatan kepala pemerintahan dan dalam menjalankan tugas dibantu oleh seorang wakil presiden. Tapi meski hanya membantu, wapres ini lain karena dipilih rakyat. Dan harus punya kecakapan tinggi untuk mengkoordinasikan dan mensinergikan para menteri kabinet segaris dengan kebijakan presiden,” tuturnya.
Kriteria cawapres ketiga yang disebut SBY adalah loyalitas harus sepenuhnya kepada presiden sebagai kepala pemerintahan dan bukan sebagai pribadi.
Untuk itu SBY menginginkan cawapres yang mendampinginya nanti bebas dari segala kepentingan selama memegang jabatan.
Kriteria cawapres keempat, harus bisa diterima oleh masyarakat luas.
Ia juga menekankan, nantinya presiden dan wakil presiden berada dalam satu perahu dan yang berperan sebagai nakhoda adalah presiden.
“Sehingga chemistry-nya harus bagus, dalam arti itu sebetulnya cocok satu sama lain,” katanya.
Kriteria cawapres kelima harus meningkatkan kekokohan dan efektivitas dari koalisi yang terbangun pada pemerintahan berikut.
“Saya selalu berbaik sangka dengan semua orang, kita cocokkan nanti siapa yang sesuai dengan kriteria itu,” ujarnya.
Presiden SBY menjelaskan, partainya sudah membentuk tim sembilan yang diketuai Ketua Umum Partai Demokrat Hadi Utomo dengan tugas membangun komunikasi politik dengan partai lain untuk berkoalisi.
SBY menyebut, cukup banyak partai yang sudah berkomunikasi dengan Demokrat, antara lain Golkar, PKS, PKB, PBB, Partai Pelopor, dan Partai Damai Sejahtera (PDS).
SBY mengatakan, koalisi yang hendak dibangun Partai Demokrat bukan berdasarkan kesamaan ideologi partai maupun identitas tertentu, melainkan berdasarkan kesamaan kebijakan untuk membangun agenda nasional di dalam pemerintahan maupun parlemen.
Ia menyebut lima kebijakan yang ingin dibangun dalam koalisi, antara lain memprioritaskan kesejahteraan rakyat, melanjutkan reformasi birokrasi, membangun demokrasi beretika, penegakan hukum, dan pembangunan merata.
“Kalau koalisi dibangun atas dasar itu ruangnya lebih pantas dan tidak terhalang sekat-sekat ideologi sehingga pemerintah benar-benar efektif karena kami sepakat ‘platform’ itu yang dikerjakan bersama,” katanya.

Sulit
Mengontari kriteria cawapres SBY mendatang itu, dianggap dianggap sulit ditemukan pada diri satu orang, kata pengamat politik Daniel Sparinga usai acara talk show “Peran dan Fungsi DPR, Harapan dan Kenyataan” di hotel Borobudur, Jakarta, Minggu kemarin.
Menurut Daniel, SBY menyebutkan kriteria tersebut karena ingin mendapatkan cawapres yang ideal. Meski demikian, imbuh Daniel, dalam politik selalu ada kompromi sehingga apa yang disampaikan SBY itu bersifat tidak mutlak.
“Kalau pun orang tersebut tidak mencerminkan kriteria itu. Ini mencerminkan agar cawapres mau menjadi orang seperti itu,” terang pengamat asal Universitas Airlangga tersebut.
Daniel menilai kriteria yang disebut SBY tersebut masih terlalu umum, belum mengarah kepada kekhususan. Sehingga dia tidak berkomentar kriteria yang dimaksud mengarah kepada siapa.
“Saya kira terlalu general,” sebutnya seperti dilansir Detikcom.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: