Empat Cara Atasi Fobia

Empat Cara Atasi Fobia

FOBIA (penyakit ketakutan) seringkali mengganggu aktivitas Anda. Ketakutan berada di tempat umum (agorafobia) misalnya, bisa membuat Anda terkungkung di rumah. Untungnya, ketakutan berlebih ini bisa ditangani.

Berikut tiga cara yang paling sering digunakan untuk mengatasi fobia dan satu cara yang menjanjikan, seperti diuraikan di situs time.com.

Flooding (memapar dengan objek yang ditakuti). Cara ini berfungsi membangun toleransi pasien terhadap objek yang ditakuti. Sebagai contoh, pasien yang takut melihat laba-laba dipapar dengan ruangan yang penuh laba-laba.

Kelemahan: pasien kemungkinan tidak bersedia menjalani terapi yang menurut mereka sangat menyiksa ini.

Desensitization/desensitisasi. Terapis menerapkan teknik relaksasi otot untuk membantu pasien mentolerir paparan terhadap objek yang ditakuti. Paparan terhadap objek ini biasanya dilakukan secara bertahap.

Kelemahan. Cara ini, menurut terapis, berisiko menurunkan kepercayaan diri pasien.

Obat-obatan. Dokter bisa meresepkan antidepresan yang dikenal dengan monoamine oxidase (MAO) inhibitors untuk mengurangi kepanikan dan meningkatkan rasa percaya diri.

Kelemahan. Obat-obatan ini bisa menimbulkan efek samping seperti penurunan kemampuan seksual dan penambahan berat badan.

Rekonsolidasi. Dalam teknik ini, terapis menggunakan metode noninvasif dengan meminta pasien menuliskan kembali memori traumatik beserta informasi yang mencegah kembalinya rasa takut.

Kelemahan. Kepraktisan dan dan ketahanan cara ini masih belum pasti. Tapi hasil laboratorium menunjukkan hal yang menjanjikan. (IK/OL-08)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: