Munas Adat Dayak Digelar Besar-besaran

Kamis, 2 September 2010 | 04:43 WIB

PALANGKARAYA, KOMPAS.com–Damang Kepala Adat Selat, Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah (Kalteng), Simpei Ilon, mengatakan,  pada acara musyawarah nasional (Munas) Dewan Adat Dayak Nasional, September 2010 di Palangkaraya akan diramaikan kesenian Dayak.

“Berbagai kesenian dan adat Dayak akan meramaikan rangkaian acara Munas nanti. Bahkan semua sanggar seni yang ada di Kalteng juga ikut berpartisipasi,” kata Damang Kepala Adat Selat, Kabupaten Kapuas Kalteng, Simpei Ilon, di Palangkaraya, Rabu.

Menurut Simpei Ilon, acara semacam ini baru pertama kali digelar secara besar-besaran, bahkan melibatkan seluruh kabupaten/kota se Kalteng. Tari-tarian maupun budaya Dayak akan ditampilkan sebagai pertunjukan menarik.

“Dari kegiatan ini tentunya dapat memperkenalkan lagi budaya Suku Dayak kepada masyarakat luar Kalteng. Dan lebih penting lagi generasi muda semakin tahu, bahkan mencintai budayanya sendiri,” ujarnya.

Diutarakannya,  jadi tidak sekedar kegiatan  Munas Dewan Adat Dayak Nasional saja, namun dengan tampilan tari dan musik tradisonal Dayak dapat mengangkat kembali wisata Kalteng, sehingga lebih dikenal di tingkat nasional hingga internasional.

“Mudah-mudahan acara ini memberikan dampak positif terhadap perkembangan wisata Kalteng. Dan tentunya dukungan sanggar seni  juga perlu, sehingga cara ini benar-benar meriah,” katanya.

Dijelaskannya, berkaitan dengan terselenggaranya Munas tersebut, pihaknya juga meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Kalteng. Karena event ini dilaksanakan paling cepat lima tahun sekali.

“Kita juga berharap dukungan masyarakat Kalteng, agar suksesnya Munas dan kesenian Suku Dayak tersebut,” katanya.

Kemudian, sambung dia, keterlibatan kabupaten/kota dalam membantu terselanggaranya penampilan seni dan budaya Suku Dayak sangat diharapkan. Karena kegiatan tersebut merupakan kerjasama semua pihak.

“Untuk itu mulai sekarang, bagi kabupaten/kota yang ingin mengirimkan suta seninya di rangkaian Munas Dewan Adat Dayak Nasional. Alangkah baiknya mulai melakukan latihan rutin,” tegasnya.

Disunting dari Majalah Kompas Penulis: Jodhi Yudono  Sumber : ANT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: