Halitosis Hilangkan PD

Halitosis atau bau mulut merupakan kondisi yang membuat penderita dan orang-orang di sekitarnya tak nyaman. Meski bukan penyakit  dan tak membahayakan kesehatan, halitosis bisa jadi pertanda adanya penyakit yang lebih serius.

Hal ini disebabkan oleh protein yang membusuk di dalam mulut, yaitu bakteri anaerob yang tak menyukai oksigen, sehingga mereka mengubah protein menjadi senyawa sulfur yang berwujud gas berbau. Keberadaan protein dalam mulut tak bisa dihindari karena berasal dari makanan yang Anda santap, bakteri-bakteri yang mati dalam mulut, serta sel-sel mati yang luruh.

Air liur atau saliva justru menjaga bau mulut tetap terkendali karena ia ‘membasuh’ bakteri dan sisa-sisa partikel makanan. Bakteri anaerob tidak dapat berkembang jika saliva yang kaya oksigen dan mineral selalu membanjiri mulut.

Maka, bila seseorang bermasalah dengan aroma napasnya, seringkali mulutnya kering. Kekeringan mulut yang bersifat kronik bisa diakibatkan penggunaan obat-obatan yang berefek samping mengeringkan mulut.

Semua orang memproduksi senyawa sulfur dalam mulutnya, semakin banyak saliva semakin baik, karena membawa oksigen serta antibodi yang dapat membunuh bakteri anaerob.

Sisa makanan yang berkumpul di sela-sela gigi dapat menyumbang aroma tak sedap dari mulut. Sedangkan orang yang berpuasa atau diet ketat nafasnya lebih berbau karena tidak merangsang pembentukan saliva yang mengandung oksigen serta antibodi pengendali bakteri.

Menggunakan mouthwash, mouthspray atau pasta gigi yang mempunyai kandungan klorin dioksida dapat membantu pembentukan oksigen agar mengikat senyawa gas sulfur sehingga tidak terbentuk bau.

Mulailah untuk menjaga kebersihan mulut Anda sedini mungkin agar tidak terserang penyakit halitosis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: