Sunitinib Harapan Baru Penderita Kanker Pankreas

Sunitinib Harapan Baru Penderita Kanker PankreasPASIEN kanker pankreas kini memiliki harapan baru dengan hadirnya obat yang bisa menggandakan kesempatan mereka untuk bertahan hidup. Obat bernama Sunitinib ini merupakan obat pertama yang diresmikan sebagai perawatan bagi tumor pankreas neuroendokrin (NET).

Pemerintah Eropa akhirnya menyetujui penggunaan sunitinib untuk penyakit tersebut setelah hasil uji coba menunjukkan bahwa obat ini mempu meningkatkan kesempatan hidup pasien dari 5,5 bulan menjadi 11,4 bulan tanpa disertai gejala buruk.

Data lengkap tentang keberlangsungan hidup pasien secara keseluruhan memang belum tersedia. Namun, sejauh ini, pasien yang meminum sunitinib terbukti mampu bertahan hidup lebih lama jika dibandingkan mereka yang diberikan plasebo.

Penyakit NET berkembang di dalam sel islet yang memproduksi insulin di pankreas. Penyakit ini pada umumnya menyerang mereka yang berusia antara 40 dan 60 tahun.

Dr Juan Valle, onkologi medis di Universitas Manchester dan Christie dari NHS Foundation Trust menuturkan, “Setelah selama bertahun-tahun ini menganalisis perawatan terbaik bagi NET, akhirnya kami menemukan bahwa sunitinib mampu memberikan harapan bagi pasien yang hidup dengan penyakit NET yang memang sulit untuk disembuhkan ini.”

Sunitinib, beredar di pasar obat Eropa dengan nama merek Sutent dan sebelumnya memang dikenal sebagai obat kanker ginjal stadium lanjut. Disunting dari tulisan prita daneswari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: